RSS

Subang Ingin Jadi Daerah Koperasi Wanita

SUBANG, (PRLM).- Bupati Subang Eep Hidayat bertekad untuk menjadikan daerah yang dipimpinnya sebagai kabupaten koperasi wanita terbesar di Jawa Barat atau bahkan di Indonesia. Keinginan bupati itu mengacu kepada banyaknya kaum perempuan di Kab. Subang yang telah menjadi anggota koperasi secara aktif.
"Kita memiliki potensi untuk itu. Sebab, di Kabupaten Subang kini telah terbentuk sedikitnya 150 Koperasi Wanita Lumbung Ekonomi Desa (Kopwan LED) dengan anggota mencapai 60.000 orang," ujar Eep.
Menurut Eep, dana bergulir yang dikelola Kopwan LED saat ini telah mencapai Rp 16 miliar. Dana tersebut disalurkan kepada para anggotanya sebagai dana kredit produktif berbunga relatif ringan. Dengan demikian, para anggota Kopwan LED mampu menciptakan usaha yang akhirnya bisa menopang ekonomi keluarga masing-masing.
Dikatakan Eep, dari modal yang digulirkan di Kopwan LED, kini ribuan wanita di Subang telah menjadi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Mereka bergerak di berbagai bidang industri rumahan, seperti pakaian bordir, jaket kulit, tas, makanan ringan, dan kerajinan tangan.
Atas dasar itu, lanjut Eep, pihaknya bersedia menjadi tuan rumah Peringatan Hari Koperasi Tingkat Jawa Barat yang akan digelar tanggal 17 Juli mendatang. Pada kesempatan itu akan didirikan berbagai stan pameran yang menunjukkan kebolehan hasil karya anggota Kopwan LED Subang.
"Saya juga mengusulkan kepada panitia agar keluarga Bung Hatta sebagai bapak koperasi Indonesia diundang dalam acara ini," kata Eep. (A-106/A-147)***
SUMBER : http://www.pikiran-rakyat.com/node/113717

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar