RSS

Pemroduksian dan Pemasaran pada Pakaian Anak-Anak

Pendahuluan

Bisnis fashion memiliki wilayah yang sangat luas,ada berbagai macam jenis pakaian yang bisa dijadikan usaha. Ada pelaku bisnis yang mengambil semua porsi bisnis pakaian ini, namun ada pula yang mengambil spesialisasi terhadap satu jenis pakaian atau menyasar segmen tertentu. Misalnya saja pakaian untuk ibu hamil, pakaian remaja atau pakaian untuk anak-anak.Pemilihan usaha pakaian pada segmen tertentu terkadang diperlukan agar usaha pakaian yang dilakukan lebih fokus. Namun kadang menyediakan semua jenis pakaian akan memberikan banyak pilihan kepada pembeli. Namun ini memerlukan modal dan pemasaran yang lebih baik

Jika modal untuk memulai usaha pakaian cukup minim, tentunya anda tidak bisa melayani semua segmen pasar yang ada dan menyediakan produk pakaian untuk segala usia. Jika demikian harus dipilih salah satu atau beberapa segmen pasar yang dituju. Salah satu pilihan untuk usaha pakaian adalah pakaian anak.

Pembahasan

Usaha pakaian anak sebenarnya memiliki peluang yang bagus untuk dijadikan usaha, potensi pasar untuk pakaian anak ini cukup besar. Meski pakaian anak-anak ini ukurannya lebih kecil dan memerlukan bahan yang lebih sedikit, belum tentu lebih murah harganya. Pakaian untuk anak-anak dan bayi di pasaran saat ini dijual lebih mahal daripada pakaian untuk orang dewasa. Sebuah sweater anak-anak berkualitas bagus di department store bisa dijual sekitar 150 ribu atau bahkan lebih.

Untuk terjun dalam bisnis pakaian anak ini ada beberapa langkah yang bisa ditempuh. Jika anda memiliki keahlian membuat desain dan menjahit pakaian, anda dapat memproduksi pakaian sendiri. Jika anda tidak memiliki keahlian dalam menjahit pakaian atau membuat desain pakaian anak, tidak perlu khawatir. Anda dapat membeli pakaian anak dari distributor atau agen. Atau bahkan anda bisa mendaftar menjadi distributor sehingga anda memperoleh harga yang lebih miring.

Yang penting dipertimbangkan dalam usaha pakaian anak ini adalah masalah model pakaian, sesuaikan model pakaian dengan yang sedang tren. Misalnya saja disesuaikan dengan tema film kartun yang sedang digemari anak-anak akan menarik pembeli.

Dalam masa pertumbuhan ,ukuran tubuh anak akan berkembang dengan cepat. Untuk mengantisipasi hal ini maka anda harus menyediakan produk yang anda jual dalam beragam ukuran untuk satu mode pakaian. Sehingga apabila pelanggan anda mencari mode tersebut maka barang tersebut tersedia dan anda tak kehilangan pelanggan.

Untuk strategi pemasaran usaha pakaian anak bisa dilakukan melalui berbagai cara. Misalnya saja dengan membuka toko pakaian anak. Bila modal usaha untuk bisnis pakaian anak yang anda miliki terbatas, anda bisa berbisnis dari rumah, promosi dilakukan dari mulut ke mulut atau menawarkan pakaian di lokasi tempat anak dan orang tua berkumpul. Misalnya saja tempat penjemputan anak sekolah. Anda dapat pula menawarkan koleksi produk pakaian anak melalui Blackberry Messenger yang telah anda buat group sebelumnya. Setiap ada produk pakaian anak baru atau penawaran bisa langsung dibroadcast dengan cepat. Respon dari pembelipun bisa lebih cepat.

Pemasaran pakaian anak melalui media online /web dan social media juga merupakan cara yang cukup efektif. Untuk media ini siapkan foto-foto produk yang akan anda jual berikut deskripsi produk anda. Yang perlu difikirkan adalah cara pembayaran dan pengiriman. Jangan sampai biaya pengiriman menjadikan harga lebih mahal. Pastikan cara pembayaran dan kesesuaian produk yang dipajang dengan yang dikirim sama. Dalam bisnis online yang penting adalah membangun trust antara pembeli dan penjual. Ini berlaku pula untuk bisnis online pakaian anak.

Tidak diperlukan modal yang banyak untuk membuka usaha pakaian anak, apalagi di zaman modern ini. Teknologi memungkinkan untuk menjalankan usaha pakaian anak dari rumah seolah-olah anda memiliki toko pakaian anak yang besar. Jika anda tidak memiliki keahliaan mendesain dan membuat sendiri, menjadi distributor adalah pilihan tepat. Membeli pakaian anak dari grosir akan memberikan harga yang bersaing. Di awal anda memang harus berjuang untuk mendapatkan chanel grosir baju anak. Selanjutnya jika sudah banyak kenalan grosir baju anak, anda akan dapat harga yang miring.

Berikut tips dalam memilih baju dan pakaian bayi yang aman.

Langkah pertama yang harus di lakukan adalah mencari informasi produk yang akan digunakan. Carilah informasi sebanyak mungkin dengan bertanya kepada orang lain atau dengan mengakses internet. Pastikan merk tersebut telah terpercaya. Selanjutnya, pilih pakaian yang tidak mengandung bahan kimia. Lebih baik memilih pakaian yang tidak menggunakan zat pewarna kimia dan tidak memerlukan cairan pewangi lagi dalam proses pencuciannya. Lalu bagaimana menguji dan memastikan bahwa pakaian tersebut aman? Saat ini telah dilakukan standard pengujian.

Untuk memastikan bahwa produk bebas dari bahan-bahan yang membahayakan, OekO-Tex Association mengeluarkan Standar Oeko-Tex 100. Komponen yang diuji adalah dari bahan fiber sampai dengan label baju. Pengujian ini dilakukan secara ketat karena merupakan sertifikasi untuk keamanan, produk pakaian bayi usia 0-3 tahun.

Setelah melalui serangkaian uji yang ketat, produsen pakaian akan mendapatkan sertifikasi resmi Oeko-Tex Standard 100 Glass 1. Jadi salah satu referensi produk baju itu aman adalah sertifikat yang diperoleh produsen. Produk pakaian yang berbahan lembut, bebas bahan kimia, dan tidak memerlukan pewangi akan membuat bayi merasa lebih nyaman dan sehat. Dan bunda pun merasa lebih tenang. Sebaiknya para bunda jangan pernah kompromi jika ingin memberikan yang terbaik bagi buah hati.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar