RSS

TUGAS KOPERASI KELOMPOK

KOPERASI TANI
MAKMUR


NAMA KELOMPOK
1. LIA JULIANI
2. LUKERIA A.
3. SELVINA EMILIA





PENDAHULUAN
KOPERASI adalah badan usaha yang mengorganisir pemanfaatan dan pendayagunaan sumber daya ekonomi para anggotanya atas dasar prinsip-prinsip Koperasi dan kaidah usaha ekonomi untuk meningkatkan taraf hidup anggota pada khususnya dan masyarakat daerah kerja pada umumnya, dengan demikian koperasi merupakan gerakan ekonomi rakyat dan sokoguru perekonomian nasional.
PRINSIP-prinsip koperasi merupakan landasan pokok koperasi dalam menjalankan usahanya sebagai badan usaha dan gerakan ekonomi rakyat. Prinsip-prinsip tersebut terdiri dari: kemandirian, keanggotaan bersifat terbuka, pengelolaan dilakukan secara demokratis .
KARAKTERISTIK utama koperasi yang membedakannya dengan badan usaha lain adalah bahwa anggota koperasi memiliki identitas ganda ,yaitu anggota sebagai pemilik dan sekaligus pengguna jasa koperasi Oleh karena itu:
(a) Koperasi dimiliki oleh anggota yang bergabung atas dasar sedikitnya ada satu kepentingan ekonomi yang sama;
(b) Koperasi didirikan dan dikembangkan berlandaskan nilai-nilai percaya diri untuk menolong dan bertanggung jawab kepada diri sendiri, kesetiakawanan, keadilan, persamaan, dan demokrasi. Selain itu anggota-anggota koperasi percaya pada nilai-nilai etika kejujuran, keterbukaan, tanggung jawab sosial, dan kepedulian terhadap orang lain;
(c) Koperasi didirikan, dimodali, dibiayai, diatur, dan diawasi serta dimanfaatkan sendiri oleh anggotanya;







PROFIL KOPERASI TANI MAKMUR

NAMA KOPERASI : KOPERASI TANI MAKMUR
TANGGAL BERDIRI :13 OKTOBER 1998
ALAMAT : SUKABUMI,JAWA BARAT
BIDANG USAHA :MEMPRODUKSI PUPUK DAN BERBAGAI JENIS BIBIT TANAMAN


TUJUAN KOPERASI TANI MAKMUR
• Memudah kan para petani mendapatkan bibit dn pupuk dengan harga yang lebih rendah dari pasaran.
• Menghasilkan pupuk yang ramah lingkungan sehingga ikut melestarikan alam
• Meningkatkan kesejahteraan petani




ANGGOTA KOPERASI TANI MAKMUR

KETUA ANGGOTA : BAPAK SUGIMIN & BAPAK YANTO
PENGURUS : IBU ASTINI MARWAH & BAPAK DENI SUTRISNO
PENGAWAS : BAPAK TOHA,BAPAK ANTON,IBU SEMINI RATNA
PERKEMBANGAN USAHA
Koperasi TANI MAKMUR memproduksi pupuk dan bibit berbagai tanaman seperti jagung,bawang,cabe,padi, dll. Lalu akan menjual nya kepada para petani dengan harga yang lebih murah di pasaran, tetapi dengan mutu yang terjamin dan ramah lingkungan. Pupuk yang dibuat adalah pupuk kompos dari tanaman atau pun dari kotoran hewan. Pembuatan pupuk dari sisa tanaman yang telah mati di lakukan dengan cara alami. Sedangkan untuk bibit mereka memusatkan diri pada bibit bunga, terutama bunga anggrek dan bunga mawar. Tetpi koperasi tidak hanya memproduksi dan menjual bibit, tapi mereka juga membeli bibit dari luar daerah. Pupuk dan bibit yang di jual di koperasi tani makmur lebih rendah sehingga tidak memberatkan bagi petani.
Untuk mengantisipasi para petani yang belum memiliki ketrampilan menanam bunga, koperasi ini mengadakan pelatihan berkebun dua kali seminggu. Jadi koperasi ini benar-benar serius untuk memadukan petani di daerahnya.
Setiap bulan nya mereka menghabiskan uang 30 juta dalam operasi nya yaitu :
Pelatihan.pembelian bahan baku untuk pupuk dan bibit, serta pembuatan pupuk dan bibit. Dan untuk biaya akomodasi. Koperasi ini dapat mendapatkan keuntungan 10 juta perbulan nya.
KONDISI KEUANGAN
Modal : Rp. 46.000.000,00
Laba : Rp. 10.000.000,00 perbulan
Simpanan pokok : Rp. 28.000.000,00
Simpanan wajib : Rp. 13.000.000,00
Simpanan sukarela : Rp. 5.000.000,00


MANFAAT KOPERASI TANI MAKMUR
• Memudahkan masyarakat sukabumi dalam mencari pupuk kompos
• Melatih masyarakat untuk menggunakan pendapatannya secara lebih efektif
• Membiasakan masyarakat sukabumi untuk hidup hemat








PENUTUP
Pembahasan tentang koperasi,memperlihatkan fakta potensi sumber daya manusia dimasyarakat, relevansi dan peran koperasi dengan upaya mengatasi pengangguran dan kewirausahaan di masa depan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar